Senin, 05 Maret 2012

Cara Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha

Cara Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha Ada pertanyaan menarik dari Fathurrahman soal cara membagi waktu bagi mahasiswa yang hendak memulai wirausaha di posting tips antigalau mulai usaha. Begini pertanyaan lengkapnya.
Maaf pak. Saya masih belum bisa maksimal bagi waktu. Masih kuliah lagi 2 tahun ini. mungkin ada tips or terobosan pak…? trims.
Menjadi mahasiswa sambil mulai wirausaha merupakan hal yang baik. Sebab sejak dini bisa melatih diri menjadi wirausaha mandiri. Namun tidak elok juga jika kemudian keasyikan memulai bisnis membuat kuliah menjadi terbengkalai.
Lalu bagaimana solusinya?
Ada tujuh tips mengatur waktu bagi mahasiswa wirausaha yang akan saya bagikan di sini.
  1. Bagi waktu anda sebaiknya-baiknya. Bagi waktu anda antara kuliah, bisnis, dan bersosialisasi. Mulai hari anda dengan selalu mengatur perencanaan anda hari ini, dan pastikan anda disiplin menjalankannya.
  2. Kerjakan tugas kuliah anda segera. Bila anda mendapatkan tugas kuliah, segera kerjakan biar cepat kelar. Matikan juga Facebook anda. Sering mungkin dalam pikiran anda “Saya main facebook dulu, baru garap tugasnya nanti”. Atau mencoba belajar sambil facebook-an. Dijamin itu tidak akan efektif. Yang terbaik tetaplah kerjakan tugas anda terlebih dulu sampai selesai.
  3. Belajar tetapkan prioritas anda. Seperti contoh pilihan untuk memainkan Facebook dan menyelesaikan tugas di atas, anda juga akan dihadapkan dengan berbagai pilihan-pilihan lainnya. Di sinilah anda belajar untuk mengatur prioritas anda. Apa yang terpenting dan terbaik, itulah yang harus anda prioritaskan.
  4. Soal memilih usaha, jika anda khawatir tidak punya banyak waktu untuk usaha anda, anda bisa pilih usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Cukup 1-3 jam sehari misalnya. Contohnya?
    Kalau di bisnis online misalnya bisa menjadi affiliate/reseler. Intinya yang cukup tidak banyak memakan waktu. Banyak bisnis online yang menawarkan afiliasi, salah satunya seperti produk jam slapia.
  5. Saat libur kuliah adalah saat yang pas untuk membuat proyek wirausaha anda terwujud. Jika anda punya ide bisnis, saat liburan kuliah ini adalah saat yang tepat untuk ngebut mengeksekusinya.
  6. Kalau anda memilih bisnis yang banyak memakan waktu, anda mungkin perlu kurangi waktu istirahat anda dan kurangi juga jam nonton televisi.
  7. Kalau anda berbisnis online, saat anda sedang di kampus, anda bisa manfaatkan jam istirahat kuliah untuk mengecek bisnis online anda. Dari laptop, netbook, atau warnet, anda bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama anda tinggal kuliah tadi.
Inilah tujuh cara membagi waktu bagi mahasiswa wirausaha. Rekan-rekan punya tips lainnya bagi mahasiswa yang mau mulai wirausaha? Mari sharingkan…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentarlah yang bermanfaat