Selasa, 23 Oktober 2012

PERKEMBANGAN EKONOMI MIKRO DAN MAKRO

Perkembangan Teori Ekonomi Mikro-Makro
Perkembangan Teori Ekonomi Mikro-Makro berawal dari sebuah Teori Ekonomi Mikro sebagai Teori Ekonomi Klasik, yang dikemukakan oleh Adam Smith pada tahun 1723-1790. Yang berbunyi :
Mekanisme pasar yaitu mekanisme alokasi sumber daya ekonomi berlandaskan interaksi kekuatan permintaan dan penawaran.
Fokus pembahasan ilmu ekonomi makro
Ilmu ekonomi makro mempelajari masalah-masalah ekonomi secara keseluruhan. Masalah-masalah itu adalah pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, kesempatan kerja, maupun neraca pembayaran internasional. Fokus pembahasan ilmu ekonomi makro antara lain :
* Sejauh manakah sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan perekonomian.
* Sejauh manakah perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter
* Sejauh manakah perekonomian mengalami pertumbuhan.
Peranan pemerintah
Peranan dalam fungsi stabilisasi
Fungsi pemerintah dalam menciptakan kestabilan ekonomi, sosial politik, hukum, pertahanan dan keamanan.
Peranan dalam fungsi alokasi
Fungsi pemerintah sebagai penyedia barang dan jasa publik, seperti pembangunan jalan raya, gedung sekolah, penyediaan fasilitas penerangan, dan telepon.
Peranan dalam fungsi distribusi
Fungsi pemerintah dalam pemerataan atau distribusi pendapatan masyarakat.
Aliran-Aliran pemikiran dalam teori ekonomi makro
Aliran Klasik
Ada 2 skema pandangan dari aliran klasik, pertama Pandangan aliran klasik tentang pasar, Menurut aliran klasik, keseimbangan perekonomian berpondasi pada keseimbangan individu. Para individu mencapai keseimbangannya bila seluruh sumber dayanya habis digunakan dalam rangka mencapai target maksimal. kedua Pandangan aliran klasik tentang uang Bagi kaum klasik, peranan uang tidak lebih sebagai alat transaksi,karena itu uang tidak mempunyai pengaruh terhadap sesuatu yang dianggap riil.
Aliran Keynisian
Ada 2 skema pandangan dari aliran klasik, pertama Pandangan Keynisian tentang Pasar, dimana struktur pasar cendrung monopolisik,informasi tidak sempurna dan asimetris. Kondisi ini menyebabkan harga cendrung kaku dalam arti sulit berubah dalam seketika. Kedua Pandangan Keynisian tentang Uang, uang bukan hanya sekedar alat transaksi, tetapi juga sebagai penyimpan nilai.fungsi penyimpanan nilai inilah yang memungkinkan uang digunakan sebagai alat memperoleh keuntugan melakukan tindakan spekulasi.
Memahami model ekonomi makro
Model klasik Keynesian
Mekanisme pasar akan kurang yakin jika tidak ada campurtangani pemerintah. Sedangkan Uang tidak hanya sekedar alat transaksi melainkan juga sebagai alat penyimpan nilai atau penyimpan kekayaan.
Model Tiga Pasar
Pertama, Pasar tenaga kerja
kedua, Pasar barang / jasa
ketiga, Pasar uang(pasar finansial)
Model Keseimbangan dan Ketidakseimbangan
dalam hal ini model keseimbangan adalah model yang analisisnya berlandaskan bahwa perekonomian akan senantiasa mencapai keseimbangan.
sedangkan dalam model ketidakseimbangan adalah model yang analisisnya berdasar atas perekonomian yang tidak selalu berada dalam keseimbangan.
Model Statis, Statis Komparatif, Dinamis
Pengertian model statis adalah model ekonomi makro yang tidak menganalisis dimensi waktu.
Pengertian model statis komparatif adalah model ekonomi yang membandingkan kondisi keseimbangan dari sebuah kondisi yang satu dengan yang lain.
pengertian model dinamis adalah model ekonomi yang menganalisis dari perubahan waktu ke waktu.
Model Ekonomi Tertutup dan Terbuka
maksud dari model ekonomi tertutup adalah model ekonomi yang menganut system, bahwa perekonomian tidak melakukan transaksi dengan perekonomian lain.
sedangkan maksud dari model ekonomi terbuka menganut system, bahwa perekonomian melaksanakan transaksi dengan perekonomian lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentarlah yang bermanfaat