Rabu, 29 Februari 2012

Tornado Tewaskan 7 Orang & Rusak Ratusan Rumah di AS

Nurvita Indarini - detikNews
Kamis, 01/03/2012 02:48 WIB
Browser anda tidak mendukung iFrame
Foto: CNN
Illinois Tornado menerjang beberapa wilayah di Amerika Serikat (AS). Ratusan rumah rusak dan setidaknya tujuh orang dilaporkan tewas akibat terjangan angin tersebut. Penyisiran korban pun dilakukan di antara puing-puing bangunan.

Angin kencang itu dirasakan warga di Harrisburg, Illinois. Demikian dilaporkan CNN pada Rabu (29/2/2012). Sheriff setempat menyebut 100 orang mengalami luka-luka. Jumlah korban akibat angin ini diperkirakan bisa bertambah.

Kerusakan wilayah akibat badai ini cukup lias, sekitar tiga hingga empat kali luas lapangan sepakbola. Saat ini di bagian selatan Harrisburg masih terlihat jejak tornado itu berupa puing rumah penduduk yang ambruk. Sekitar 250 hingga 300 rumah hancur. Selain itu, sekitar 25 kantor dan bangunan komersial pun tak luput diamuk tornado.

Wali Kota setempat, Eric Gregg, mengatakan krunya saat ini tengah memeriksa kerusakan struktural di Pusat Kesehatan Harrisburg. Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah pasien yang ada di sana perlu dipindahkan.

"Saya tidak mau melihatnya lagi," ujar Gregg.

Sebelumnya, dua orang juga dilaporkan tewas di Missouri akibat terjangan tornado. Salah seorang korban yang tewas sempat terlempar dari sebuah rumah mobil.

Tornado di Kansas yang terekam video terlihat mengerikan. Angin berputar-putar dan merusak bangunan di daerah tersebut. Beberapa orang terluka akibat libasan angin itu. Bahkan pada Selasa (28/2) malam, Gubernur Sam Brownback mengumumkan keadaan darurat kota akibat hantaman cuaca buruk.

Badan Cuaca Nasional bidang Prakiraan Badai mengeluarkan peringatan sepanjang siang untuk daerah Kentucky, Tennessee, Indiana, Arkansas, Illinois dan Missouri. Seiring adanya tornado, badan tersebut mengingatkan kemungkinan hujan es seukuran bola golf, angin dengan kecepatan 75 mil per jam, dan sambaran petir.

Keadaan darurat juga dinyatakan untuk kota kecil di Kansas, Harveyville, yang terletak sekitar 20 km sebelah barat daya Topeka. Di daerah ini Badan SAR setempat masih terus menyisir lokasi untuk melihat seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan tornado pada Selasa malam lalu.

Tornado telah merusakkan sejumlah rumah dan gereja. Pohon dan tiang listrik pun ambruk karena dilibas angin kencang itu. Palang Merah Amerika diturunkan untuk membantu para korban. Tempat pengungsiuan di sebuah sekolah menengah pun telah disiapkan.

Tornado juga dilaporkan melanda Reno County, dekat Hutchinson, di Kansas. Dilaporkan pula terjadi di pusat kota Nebraska.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentarlah yang bermanfaat