Rabu, 29 Februari 2012

Wenger: Timnas Butuh Seorang Figur Andalan

Kris Fathoni W - detikSport
Kamis, 01/03/2012 02:24 WIB
Browser anda tidak mendukung iFrame
FOTO:Zidane (Filippo Monteforte/AFP)
London - Seorang timnas bagus tak cuma harus diisi pemain-pemain oke, tapi yang terpenting juga satu figur utama yang jadi andalan. Itulah opini dari Manajer Arsenal Arsene Wenger.

Sepanjang kariernya, Wenger memang belum pernah menangani sebuah tim nasional. Namun, sebagai manajer yang cukup kaya pengalaman, ia tetap punya pandangan tersendiri terhadap manajemen di level internasional.

"Saya percaya Anda bisa punya sebuah tim bagus tapi tetap tidak bisa meraih trofi dengan timnas karena Anda butuh seorang pemimpin luar biasa di tim itu," nilai Wenger di situs Arsenal.

"Saya ingat tim Prancis di akhir 1950-an dan awal 60-an, dengan Raymond Kopa di dalam tim, sempat menjalani periode amat baik. Lalu di 1980-an dengan Michel Platini, kemudian periode bagus lain di 1990-an bersama Zinedine Zidane," beber si pria Prancis.

Opini Wenger itu bukannya mengecilkan peran pemain lainnya. Namun, seorang sosok utama yang selalu bisa jadi andalan memang mutlak dibutuhkan untuk meraih banyak sukses.

"Tentu saja ada pemain fantastis di sekelilingnya seperti Patrick Vieira dan Emmanuel Petit, tapi Anda tetap butuh seorang pemimpin luar biasa yang bisa menyerap tekanan dari media."

"Anda butuh seorang pemain yang bisa menjadi pemimpin dalam urusan teknik di lapangan, seseorang yang bisa melakukan sesuatu yang spesial untuk memenangi duel sengit," simpul Wenger.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentarlah yang bermanfaat